Monday, December 4, 2017

ISTIGHFAR KEPADA ALLAH

ISTIGHFAR KEPADA ALLAH
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Istighfar, kalimat yang sangat pendek, tapi memiliki makna yang sangat dahsyat, sangat dalam, sangat indah dalam hidup kita.
Istighfar memiliki dua makna:
Yang pertama, setiap kali kita mengucapkan astagfirullahal‘adzim, berarti kita minta ampun kepada Allah, minta dimaafkan dosa dan kesalahan kita, minta ditutupi aib-aib kita.
Semakin sering kita beristighfar maka semakin bersih diri kita dari dosa, dari kesalahan, dari aib-aib. Karena itu Allah sangat menyukai hamba Allah yang terus beristighfar.
Karena tidak satu pun di antara kita yang bersih dari dosa, maka istighfar adalah kewajiban dan kebutuhan kita, agar Allah mengampuni dosa kita, memaafkan kesalahan kita dan menutupi aib kita.
Yang kedua, setiap kali kita mengucapkan astagfirullahal‘adzim, berarti kita minta kepada Allah, mohon kepada Allah, amat sangat, agar Allah memperbaiki hidup kita, menguatkan aqidah kita, membuat kita nikmat dalam ibadah khusyuk, menjadikan akhlaq kita mulia.
Subhanallah… Satu ucapan tetapi memiliki dua keinginan. Karena itu tidak heran hamba Allah yang sungguh-sungguh beristighfar tampak dalam kehidupannya, semakin berkah, semakin membawa kebaikan dan perbaikan, semakin bahagia, tenang, senang, menyenangkan, di dunia dan di akhirat.
Karena itu Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Barangsiapa yang melazimkan, mendawamkan dirinya selalu beristighfar kepada Allah, maka Allah mudahkan saat kita sulit, Allah gembirakan saat kita sedih, dan Allah beri rezeki dari jalan yang tidak pernah kita duga.”
Semoga bermanfaat, Aamiin ya Rabbal'aalamiin
Wasalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

H. R. Mimuk Bambang Irawan

No comments:

Post a Comment