Monday, October 19, 2015

PERESMIAN MASJID KATEDRAL MOSKOW

PERESMIAN MASJID KATEDRAL MOSKOW


Sholat Idul Adha tahun ini menjadi sejarah baru bagi umat muslim di Rusia. Rabu, 23 September 2015, Presiden Vladimir Putin meresmikan Masjid Agung Moskow atau Moskovskiy Soborniy Mecet di Moskow yang resminya dinamakan Moscow Cathedral Mosque atau Masjid Katedral Moscow. Shalat Idul Adha di halaman masjid yang megah ini dihadiri sekitar 150.000 umat muslim. Subhanallah, sungguh luar biasa.


Presiden Putin dlm pidatonya mengucapkan selamat kepada semua umat muslim Rusia atas pembukaan masjid yang telah lama direkonstruksi itu.
Putin yakin Masjid Agung itu akan menjadi pusat rohani dan sumber penyebarluasan ide-ide humaniter. "Setulusnya saya ucapkan selamat atas pembukaan Masjid Agung Moskow. Ini peristiwa penting bagi umat muslim Rusia," kata Putin.

Putin mengaku bangga pemerintahnya bisa membangun kembali masjid tertua di Moskow dan akan menjadi masjid terbesar di Eropa. Selain modern, masjid ini bakal menjadi kebanggaan bangsa Rusia yang multi-etnis dan multi-religi. "Di mana Islam sesuai hukum Rusia adalah salah satu agama tradisional."

Berdiri dengan kubah setinggi 46 meter dan menara 72 meter, pada bagian tengah Masjid Agung Moskow terdapat kubah berlapis emas dengan bingkai ukiran ayat-ayat Al-Quran. Masjid dilengkapi tujuh lift, pendingin udara, dan fasilitas bagi penyandang cacat.


Putin mengatakan bahwa Masjid Baru Moskow merupakan masjid terbesar di Eropa

Para donor swasta mendanai upaya 10 tahun untuk mengganti masjid lama dengan struktur yang kokoh yang menggabungkan seni arsitektur Rusia secara detail. Kota Moskow diperkirakan mempunyai sekitar 2 juta warga negara Muslim.
Presiden Rusia Vladimir Putin telah menggelar upacara bergengsi di Moskow untuk menandai peresmian apa yang disebutnya sebagai Masjid Terbesar Eropa, sebuah karya arsitektur agama yang menjulang dan menakjubkan
Masjid baru ini menggantikan masjid lama yang dibangun di tahun 1904 dan akan mampu menampung 10,000 muslimin di kota yang diperkirakan memiliki sekitar 2 juta muslim, meskipun tidak ada data resmi yang diterbitkan.
Masjid Katedral Moskow, demikian nama resmi masjid yang diberkan oleh Putin, diperkirakan menelan biaya $ 170 juta, yang semuanyan merupakan bantuan swasta. Nama Masjid Katedral Moskow mencerminkan suatu istilah religius yang meminjam nama dari Gereja Ortodoks Rusia. 

No comments:

Post a Comment